Bleep tes dan Norma


Pengertian Bleep tes

Bleep tes atau kata lainnya Multistage 20m Tes merupakan tes berlari terus menerus di antara dua garis yang berjarak 20 m selama terdengar suara beep yang sudah direkam , tes ini merupakan salah satu tes yang digunakan untuk mengukur prediksi kekutan aerobik maksimal atau  VO2max.  Menurut Iztok Kavcic1 dkk. (2012:18) bahwa tes ini merupakan tes yang dianggap valid, aman, murah dan reliabel untuk dilakukan oleh sekelompok atau banyak orang.


Gambar : Bleep tes

  
    Aturan Pelaksanaan Bleep tes

Seorang tester melakukan berlari terus menerus diantara 2 garis berjarak 20 meter setelah aba aba start dimulai mengikuti suara beep yang sudah di rekam di dalam CD atau Software. Hal ini akan berlangsung mengikuti aturan waktu yang sudah ditentukan oleh para ahli. Bila atlet belum mencapai garis pada waktu terdengar suara beep, dia harus menyelesaikannya dahulu baru kemudian berbalik dan berusaha menyesuaikan kecepatan larinya di antara dua beep. Demikian juga, apabila Atlet sudah mencapai garis sebelum terdengar beep, dia harus menunggu sampai terdengar beep. Tes dihentikan bila tester dua kali gagal mencapai garis (kurang dari 2 meter) pada saat pembalikan dua kali berturut-turut. Waktu antara beep memendek setiap menit (level). Berikut merupakan data aturan yang yang diciptakan oleh Leger L.A. (1988) :.

Gambar : Pelaksanaan Bleep tes

Pada leve1 1 dinyatakan bahwa untuk balikannya (suttlte) adalah 7 kali balikan dengan akumulasi balikan selama 7 kali , kecepatan 8.0 km/h dan waktu balikan adalah 9.00 detik dengan waktu total level adalah 63 detik. Jarak yang ditempuh yaitu 140 meter dengan akumulasi 140 meter dan total waktu keseluruhan di level 1 adalah 1.03 detik, begitu juga dengan level yang lainnya.  Data tabel diatas inilah yang akan menentukan penilaian terhadap atlet atau tester yang melakukan bleep tes yang nantinya akan dikonversikan kedalam nilai perkiraan VO2max.  Nilai atlet atau tester ditunjukkan dengan level dan jumlah lari bolak-balik yang dicapai sebelum mereka gagal menyesuaikan dengan rekaman beep. NIlai ini bisa dikonversikan ke dalam ‘VO2max equivalent score' dengan menggunakan rumus yang akan dibahas selanjutnya.

 Pelaksanaan Tes (Bleep Test)


  • ·    Hidupkan tape recorder yang berisi kaset atau CD panduan tes MFT mulai dari awal lalu ikuti   petunjuknya.
  • ·       Pada bagian permulaan, jarak dua sinyal tut menandai suatu interval satu menit yang terukur secara   akurat.
  • ·    Selanjutnya terdengan penjelasan ringkas mengenai pelaksanaan tes yang mengantarkan pada   perhitungan mundur selama lima detik menjelang dimulainya tes.
  • ·         Setelah itu akan keluar sinyal tut pada beberapa interval yang teratur.
  • ·      Peserta tes diharapkan berusaha agar dapat sampai ke ujung yang berlawanan bertepatan dengan   sinyal tut yang pertama berbunyi, untuk kemudian berbalik dan berlari ke arah yang berlawanan.
  • ·       Setiap kali sinyal tut berbunyi peserta tes harus sudah sampai di salah satu ujung lintasan lari yang di   tempuhnya.
  • ·       Selanjutnya interval satu menit akan berkurang sehingga untuk menyelesaikan level selanjutnya peserta tes harus berlari lebih cepat.
  • ·         Setiap kali peserta tes menyelesaikan jarak 20 meter, posisi salah satu kaki harus tepat menginjak atau melewati batas 20 meter, selanjutnya berbalik dan menunggu sinyal berikutnya untuk melanjutkan lari ke arah berlawanan.
  • ·    Setiap peserta tes harus berusaha bertahan selama mungkin, sesuai dengan kecepatan yang telah diatur. Jika peserta tes tidak mampu berlari mengikuti kecepatan tersebut maka peserta harus berhenti atau dihentikan dengan ketentuan :
  • ·     Jika peserta tes gagal mencapai dua langkah atau lebih dari garis batas 20 meter setelah sinyal tut berbunyi, pengetes memberi toleransi 1 x 20 meter, untuk memberi kesempatan peserta tes menyesuaikan kecepatannya.
  • ·      Jika pada masa toleransi itu peserta tes gagal menyesuaikan kecepatannya, maka dia dihentikan dari kegiatan tes.
  • ·         Tanda batas jarak.


 Rumus Konversi Nilai Bleep tes Kedalam Nilai VO2max

Menurut Wikipedia bahasa Indonesia Rumus adalah cara singkat untuk mencari informasi tertentu dengan cara menggunakan patokan, yang dilambangkan dengan huruf, angka, ataupun tanda. Rumus dapat juga diartikan sebagai pernyataan atau kesimpulan atas pendirian atau ketetapan yang disebut dengan kalimat ringkas dan tepat.  Rumus sering juga dikatakan sebagai salah satu langkah atau metode ilmiah untuk mencapai atau mencari kesimpulan atau sebagai konsep

.

Gambar : Format Penghitungan Bleep Tes

Berikut merupakan rumus yang digunakan untuk menkonversikan nilai Bleep tes kedalam nilai Prediksi VO2max , bila dibandingkan dengan nilai-nilaitabel multi stage fitness LA Leger (1982) , hasil akan terjadi kesalahan hingga ±0,3 ml / kg / menit.
VO2max = 15+(0,3689295 x TB) +(-0,000349 x TB x TB)
TB = Total Kumulatif Balikan Level + Balikan

Berikut disajikan Klasifikasi Format Penilaian  Bleep Tes


Comments

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  2. untuk admin, bisa kasih tau saya sumber buku apa yang anda pakai, karna ada yang saya cari tentang V02max bisa hubungi saya di email saya, saidgalih6@gmail,com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TES BALKE (LARI 15 MENIT) DAN NORMA

Tes Lari 2,4 Km(COOPER TEST) dan Norma