Pengertian Analisis Wawancara dan Kedudukan Analisi Wawancara


Pengertian Analisis Wawancara dan Kedudukan Analisi Wawancara


Pengertian analisis wacana
            Analisis wacana merupakan suatu disiplin ilmu yang berusaha mengkaji penggunaan bahasa yang nyata dalam komunikasi . Stubbs (1983:1) mengatakan bahwa analisis wacana merupakan suatu kajian yang meneliti dan menganalisis bahasa yang digunakan secara alamiah, baik lisan maupun tulisan, misalnya pemakaian bahasa dalam komunikasi sehari-hari. Selanjutnya Stubbs menjelaskan bahwa analisis wacana menekankan kajiaannya pada penggunaan bahasa antarpenutur. Jadi, jelasnya analisi wacana bertujuan untuk mencari keteraturan. Yaitu hal-hal yang berkaitan dengan keberterimaan penggunaan bahasa di masyarakat secara realita dan cendrung tidak merumuskan kaidah bahasa seperti dalam tata bahasa. Kartomiharjo (1999:21) mengungkap bahwa analisi wacana merupakan cabang ilmu bahasa yang dikembangkan untuk menganalisis suatu unit bahasa yang lebih besar daripada kalimat. Analisis wacana lazim digunakan untuk menemukan makna wacana yang persis sama atau paling tidak sangat ketat dengan makna yang dimaksud oleh pembicara dalam wacana lisam, atau oleh penulis dalam wacana tulis.

Kedudukan analisis wacana dalam  kajian linguistic
            Analisis wacana dalam kajian linguistic merupakan reaksi dari bentuk linguistic formal (yang memperhatikan unit kata, frase, atau kalimat semata tanpa melihat keterkaitan antara unsure tersebut). Analisis wacana adalah kebalikan dari linguistic formal, karena memusatkan perhatian pada level di atas kalimat. Analisis wacana dalam lapangan psikologi social diartikan sebagai pembicaraan. Wacana yang di maksud disini agak mirip dengan struktur dan bentuk wawancara dan praktik dari pemakaiannya. Sementara dalam lapangan politik analisis wacana adalah praktik pemakaian bahasa terutama politik bahasa. Karena bahasa adalah aspek sentral dari pengambaran suatu subjek, dan lewat bahasa ideology terserap di dalamnya, naka aspek inilah yang dipelajari dalam analisis wacana.
            Analisis wacana merupakan cara yang tepat untuk mengupas bentuk-bentuk ragkaian bahasa atau pendukungnya. Seperti yang terdapat di dalam wacana atau unit bahasa yang lebih besar.
            Ada tiga pandangan mengenai analisis wacana dalam bahasa, yaitu:
 1. diwakili kaum positivism-empiris.
            Analisis wacana menggambarkan tata aturan kalimat, bahasa, dan pengertian bersama. Wacana diukur dengan pertimbangan kebenaran atau ketidakbenaran menurut sintaksis dan semantic.
2. kontruktivisme
            Analisis wacana sebagai suatu analisis untuk menbongkar maksud-maksud dan makna-makna tertentu . wacana adalah suatu upaya pengungkapan maksud tersembunyi dari subjek yang mengemukakan suatu pertanyaan.
3. kritis
            Analisis wacana dalam pandangan ini menekankan pada konstelasi kekuatan yang terjadi pada proses produksi dan reproduksi makna. Bahasa tidak dipahami sebagai nmedium netral yang bterletak di luar dirisi pembicara. Bahasa dipahami sebagai representasi yang berperan dalam bentuk subjek tertentu, tema-tema wacana tertentu maupun strategi di dalamnya. Oleh karena itu, analisi wacana dipakai untuk membongkar kekuasaan yang ada dalam setiap proses bahasa. Batasan-batasan apa yang diperkenankan menjadi wacana, perspektif yang mesti dipakai, topic apa yang dibicarakan. 
             

Comments

  1. Menangkan juga Jackpot hingga ratusan juta rupiah.
    Custumer Service online kami siap 24jam akan melayani Deposit,
    withdraw dan Registrasi anda dengan cepat, ramah, sopan dan
    juga profesional.
    Kami bertransaksi Menggunakan Bank BCA, BNI, BRI , Danamon , dan Mandiri
    Ayo segera daftarkan diri anda di www,pokers1288,pw
    (WA : 081910053031)

    ReplyDelete
  2. As claimed by Stanford Medical, It's indeed the ONLY reason women in this country get to live 10 years more and weigh an average of 19 kilos lighter than we do.

    (Just so you know, it is not about genetics or some secret diet and really, EVERYTHING to around "how" they are eating.)

    P.S, I said "HOW", not "what"...

    Tap this link to reveal if this quick test can help you release your true weight loss possibility

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bleep tes dan Norma

TES BALKE (LARI 15 MENIT) DAN NORMA

Tes Lari 2,4 Km(COOPER TEST) dan Norma