PENGERTIAN BUDAYA POLITIK


BUDAYA POLITIK DI INDONESIA

PENGERTIAN BUDAYA POLITIK

1.                  Pengertian Umum Budaya Politik


Budaya politik merupakan sistem nilai dan keyakinan yang dimiliki bersama oleh masyaraka.namun,setiap unsur masyarakat berbeda budaya politiknya,seperti antara masyarakat namun dengan para elitnya.seperti  juga di indonesia ,menurut Benedict R. Anderson,kebudaya indonesia cendrung membagi secara tajam antara kelompok dengan kelompok massa .
     Berikut ini adalah beberapa pengertian budaya politik yang dapat dijadikan sebagai pedoman untuk lebih memahaminya
a. Budaya politik adalah aspek politik dari nilai-nilai yang terdiri atas pengetahuan adat istiadat,takhayul,dan mitos. Semuanya dikenal dan diakui oleh sebagian besar masyarakat.budaya politik tersebut memberikan alasan rasional untuk menolak atau menerima nilai –nilai dan norma lain.
b.   Budaya politik dapat  dilihat dari aspek  doktrin dan aspek generiknya. Yang pertama menekankan pada isi atau materi seperti sosialisme, demokrasi, atau nasionalisme. Yang kedua (aspek general) mengenalisis bentuk, peranan,dan cita-cita budaya politik seperti militan, utopsi, terbuka atau tertutup.
c.   Hakikat dan ciri budaya yang menyangkut masalah nilai-nilai adalah prinsip dasar yang melandasi suatu pandangan hidup yang berhubungan dengan masalah tujuan
d.  Bentuk budaya politik menyangkut sikap dan norma, yaitu sikap terbuka dan tertutup, tingkat militansi seseorang terhadap orang lain dalam pegaulan masyarakat. Pola kepemimpinan (konformitas atau dorongan inisiatif kebebasan ),sikap terhadap mobilitas (mempertahankan status quo atau mendorong mobilitas ),prioritas kebijakan (menekan kan ekonomi atau politik)
Pengertian budaya politik di atas tampaknya membawa kita pada suatu konsep yang memadukan dua tingkat orientasi politik, yaitu sistemdan individu

2.                   pengertian Budaya Politik menurut para ahli

Berikut ini merupakan pengertian budaya politik menurut beberapa ahli ilmu politik

a.      Rustadi Sumintapura    

Budayua politik tidak lain adalah pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh para anggota suatu sistem politik

b.     Sidney verbal

              budaya politik adalah suatu sistem kepercayaan empirik,simbol-simbol ekspresif dan  nilai-     nilai yang menegaskan suatu situasi di mana tindakan politik dilakukan

c.      Alan R.Ball

Budaya politik adalah suatu susunan yang terdiri dari sikap, kepercayaan, emosi, dan nilai-nilai masyarakat yang berhubungan dengan sistem politik dan isu isu politik

        d.    Austin ranney

Budaya politik adalah seperangkat pandangan tentang poitik dan pemerintah yang  dipengang secara bersama- sama; sebuah pola orientasi terhadap objek-objek politik

       e     Gabriel A.Almond dan G bingham powell, Jr

budaya politik adalah berisikan sikap, keyakinan, nilai, dan keterampilan yang berlaku bagi seluruh populasi

3.                  Komponen–komponen Budaya Politik


Menurut Ranney, budaya politik memiliki dua komponen utama, yaitu orientasi kognitif (cognitive orientations) dan orientasi efektif (affective  orientations). Sementara itu Almond dan Verba dengan lebih komprehensif mengacu pada apa yang dirumuskan Parsons dan Shils tentang klasifikasi tipe-tipe orientasi.


TIPE-TIPE BUDAYA POLITIK

1.               Berdasarkan Sikap yang Ditunjukkan

Negara dengan sistem ekonomi dan teknologi yang kompleks menuntut kerja sama yang luas untuk mengintegrasikan modal dan keterampilan. Pada kondisi ini, budaya politik cenderung bersifat “militan” atau bersifat “toleransi”
.
a.      Budaya politik militan

Budaya politik militan tidak memandang perbedaan sebagai usaha mencari alternatif yang terbaik, tetapi melihatnya sebagai usaha jahat dan menantang
.
b.      Budaya politik toleransi

Buday politik toleransi adalah budaya politik yang pemikirannya berpusat pada masalah atau ide yang harus dinilai.

2.                  Berdasarkan Orientasi Politiknya

Realitas yang ditemukan dalam budaya politik ternyata memiliki beberapa variasi. Berdasarkan orientasi politik yang ditandai oleh berbagai karakter dalam budaya politik, setiap sisitem politik memiliki budaya politik yang berbeda. Perbedaan ini terwujud dalam tipe-tipe yang ada dalam budaya politik yang masing-masingnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda.
a.      Budaya politik parokial (parochial political culture)
b.      Budaya politik kaula (subject political culture)
c.       Budaya politik partisipan (participant political culture)

SOSIALISASI PERKEMBANGAN BUDAYA POLITIK

1.                  Pengertian Umum

Sosialisasi politik merupakan salah satu dari fungsi-fungsi input sistem politik yang berlaku di negara mana pun baik yang menganut sistem politik demokratis, otoriter, diktator, maupun sitem politik lainnya.Sosialisasi politik merupakan proses pembentukan sikap dan orientasi politik pada anggota masyarakat.

2.                  Proses Sosialisasi Politik

Sosialisasi politik adalah istilah yanang digunakan untuk menggambarkan proses dengan jalan mana orang belajar tentang politik dan mengembangkan orientasi pada politik. Adapun sarana yang dapat dijadikan sebagai perantara / sarana dalam sosialisasi politik, antara lain :
·         Keluarga (family)
·         Sekolah
·         Partai politik

3.                  Sosialisasi Politik Dalam Masyarakat Berkembang

Masalah sentral sosiologi politik dalam masyarakat berkembang ialah mengangkut perubahan. Hal ini dilukiskan dengan jelas misalnya oleh negara Turki, dimana suatu usaha yang sistematis telah dilakukan untuk mempengaruhi dan mempermudah mencocokkan perubahan yang berlangsung sesudah Perang Dunia Pertama. Mustapha Kemal (Kemal Ataturk) berusaha untuk memodernisasi Turki, tidak hanya secara material, tetapi juga melalui proses-proses sosialisasi.

4.                  Sosialisasi Politik dan Komunikasi Politik

Sosialisasi politik, menurut Hyman merupakan suatu proses belajar yang kontinu yang melibatkan baik belajar secara emosional (emotional learning) maupun indoktrinasi politik yang manifes (nyata) dan dimediai (sarana komunikasi ) oleh segala partisipasi dan pengalaman si individu yang menjalaninya.

PERAN SERTA DALAM BUDAYA POLITIK PARTISIPAN

1.                  Pengertian Partisipasi Politik

Partisipasi politik adalah kegiatan seseorang atau sekelompok orang untuk ikut serta secara aktif dalam kehidupan politik, seperti memilih pimpinan negara atau upaya-upaya mempengaruhi kebijakan pemerintah. Menurut Myron Weiner, terdapat lima penyebab timbulnya gerakan ke arah partisipasi lebih luas dalam proses politik.

2.               Konsep Partisipasi Politik

Partisipasi politik yang dimaksudkan berupa kegiatan atau perilaku luar individu warga negara biasa yang dapat diamati, bukan perilaku dalam yang berupa sikap dan orientasi. Kegiatan itu diarahkan untuk mempengaruhi pemerintah selaku pembuat dan pelaksana keputusan politik. Termasuk kedalam pengertian ini, seperti kegiatan mengajuakan alternatif kebijakan umum, alternatif pembuat dan pelaksana keputusan politik, dan kegiatan mendukung atau  ataupun menentang keputusan politik yang di buat pemerinah.

3.                  Praktik Partisipasi Politik

Di tingkat individu,secara lebih spesifik Milbrarth M. L. Goel mengindentifikasi tujuh bentuk partisipasi politik individual :
·         Aphatetic inactives
·         Passive supporters
·         Contact specialist
·         Communicators
·         Party and campaign workers
·         Community activists
·         Protesters

 4.   Tingkat Partisipasi Politik

Untuk menganalisis tingkat-tingkat partisipasi politik, mereka mengajukan dua kriteria penjelas. Pertama, dilihat dari ruang lingkup atau proporsi suatu kategori warga negara yang melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan partisipasi politik. Kedua, intensitasnya, atau ukuran, lamanya, dan arti penting kegiatan khusus itu bagi sistem politik. Hubungan antara dua kriteria ini cenderung diwujudkan dalam hubungan “berbanding terbalik”. Lingkup partisipasi politik yang besar biasanya terjadi dalam intensitas yang kecil atau rendah, misalnya partisipasi dalam pemilihan umum. Sebalikny, jika lingkup partisipasi politik rendah atau kecil, maka intensitasnya semakin tinggi.











Comments

  1. Menangkan juga Jackpot hingga ratusan juta rupiah.
    Custumer Service online kami siap 24jam akan melayani Deposit,
    withdraw dan Registrasi anda dengan cepat, ramah, sopan dan
    juga profesional.
    Kami bertransaksi Menggunakan Bank BCA, BNI, BRI , Danamon , dan Mandiri
    Ayo segera daftarkan diri anda di www,pokers1288,pw
    (WA : 081910053031)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bleep tes dan Norma

TES BALKE (LARI 15 MENIT) DAN NORMA

Tes Lari 2,4 Km(COOPER TEST) dan Norma