SEJARAH BANGSA INDONESIA LENGAP DARI ZAMAN PRASEJARAH SAMPAI ERA REFORMASI


SEJARAH BANGSA INDONESIA

Indonesia adalah wilayah yang dihuni oleh berbagai jenis manusia purba. Beberapa manusia purba yang diketahui ada di Indonesia adalah Homo floresiensis dan Pithecanthropus erectus. Setelah masa prasejarah, sejarah tentang Indonesia bisa dilihat dari adanya catatan dari China yang berisi tentang informasi bahwa Kerajaan maritim yang paling berkuasa pada zaman dulu adalah Kerajaan Sriwijaya.
Menurut Surjomiharjdjo (1989) perjuangan bangsa untuk mencapai kemerdekaan di Negara-negara asia yang pernah mengalami prosess penjajahan, pada umumnya mencapai puncak pada pertengahan abad ke 20 yakin melalui proses dekolonisasi antara tahun 1945-1955 negara-negara yang merdeka dalam periode tersebut selain Indonesia adalah srilangka dan libanon (22 november 1943), pilipina (4 juli 1946), yordania (22 Maret 1946), Pakistan dan India (15 agustus 1947), miyanmar atau burma (4 januari 1948), Vietnam(20 juli 1954) dan srilangka (4 febuari 1948).

Sejarah Indonesia - Mengenal perkembangan zaman di Indonesia dimulai dari zaman prasejarah ketika pertama kali ditemukan fosil yang disebut sebagai “manusia jawa” sejak 1,7 juta tahun yang lalu. Dimana di zaman itu spesies Homo erectus telah hidup di tanah yang kini kita sebut Nusantara. Sejarah bangsa Indonesia dibagi menjadi 5 zaman yaitu zaman prasejarah, zaman kerajaan hingga masuknya kerajaan Islam di Indonesia, zaman kolonial atau penjajahan, orde baru dan reformasi. Perkembangan sejarah Indonesia memiliki cerita tersendiri disetiap zamannya. Kebanyakan orang hanya mengetahui jika awal mula sejarah bangsa Indonesia yaitu pada masa penjajahan belanda yang berlangsung selama 3,5 abad, kemudian masuk ke zaman penjajahan Jepang hingga akhirnya kita bisa meraih kemerdekaan pada tahun 1945. Kemudian berlanjut memasuki orde baru yang dipimpin Presiden Soeharto, lalu masuk ke era reformasi setelah Soeharto digulingkan oleh mahasiswa setelah demo besar-besaran pada tahun 1998. Selengkap

  1.    Zaman Prasejarah 

Secara geologi, kepulauan Indonesia mulai terbentuk sejak melelehnya es ketika berakhirnya zaman es 10.000 tahun yang lalu. Dilihat dari strukturnya, Indonesia merupakan titik pertemuan 3 lempeng benua yaitu lempeng Eurasia, lempeng pasifik dan lempeng Indo-Australia. Saat itu Indonesia masih terhubung dengan Asia daratan. Sejarah bangsa Indonesia pada masa prasejarah dimulai ketika ditemukannya bukti pertama berupa fosil Homo erectus yang diperkiran berasal dari masa 500.000 – 2 juta tahun yang lalu. Selain itu, di Pulau flores juga ditemukan fosil lainnya yang diberi nama homo floresiensis, hal ini menjelaskan bahwa spesies Homo erectus masih tetap bertahan sampai berakhirnya zaman es. Indonesia modern atau yang disebut nusantara mulai dimasuki jenis homo sapiens sekitar 100.000 tahun yang lalu.

 Mereka masuk lewat jalur lewat pantai Asia dan Asia Bara, kemudian diperkirakan mereka  sampai ke Pulau Papua dan Australia yang waktu itu masih sangat berdekatan sekitar 50.000 tahun yang lalu. Ciri-ciri homo sapiens tersebut yaitu memiliki kulit yang gelap dengan rambut ikal seperti orang negro, kelak akan menadi nenek moyang penduduk asli Papua. Seiring berjalannya waktu, mulai masuk para pendatang yang menggunakan bahasa Austronesia sejak tahun 3000 SM yang berasal dari Cina Selatan melalui jalur Filiphina dan Formosa. Proses masuknya pendatang ini merupakan pendudukan wilayah pasifik. Penduduk yang datang memiliki ciri mongolodi dan mereka menikahi penduduk setempat dan keturunannya memiliki ciri fisik penduduk Nusa Tenggara saat ini. Awal mula sejarah masyarakat Indonesia mengenal teknik pertanian dan mengolah hasil alam yaitu pada abad ke 8 SM. Ketika itu para pendatang mengajarkan banyak hal tentang cara bertani, bercocok tanam yang baik, mengolah besi dan perunggu, serta berternak kerbau


         2.  Zaman Kerajaan

Zaman ini dimulai dengan masuknya 2 kerajaan besar di Indonesia yaitu Kerajaan Kutai di pesisir Sungai Mahakam dan Kerajaan Tarumanegara yang berhasil menguasai wilayah Jawa Barat. Sejarah kerajaan di Indonesia mulai berlanjut ketika bangsa Eropa masuk ke wilayah Nusantara dan berhadapan dengan 2 kerajaan besar lainnya yaitu Kerajaan Majapahit di Pulau Jawa dan Kerajaan Sriwijaya di Pulau Sumatera. Kerajaan Islam mulai masuk ke Indonesia sejak abad ke 7 SM, ketika itu para pedagang Arab masuk ke pemukiman penduduk dan mulai menyebarkan agama Islam. Tidak berhenti disitu saja, Islam mulai memberikan pengaruh pada berbagai sektor pemerintahan di Indonesia pada masa itu.  

Hingga pada tahun 100 H Raja Sriwijaya Jambi yang bernama Srindravarman tertarik untuk mengenal Islam dan ingin mempelajari Islam lebih lanjut. Srindravarmanmemberikan perintah untuk mengirim surat kepada Umar Bin Abdul Aziz pada masa kekhalifahan Bani Umayyah. Beliau meminta untuk dikirimkan ulama dari Bani Umayyah ke Nusantara untuk mengajarkan Islam. Islam terus berkembang dan menjadi semakin kokoh, hal ini terbukti dengan dibentuknya kesultanan Islam yang diberi nama Kesultanan Peureulak yang didirikan tepat pada 1 Muharram 225 H atau 12 November  1839 M. Selain itu, Islam juga masuk ke Pulau Maluku pada tahun 1440 H rajanya bernama Bayanullah yang seorang muslim


      3.     Zaman Penjajahan

A.  Masa Bangsa Portugis

Sebelum negara ini merdeka, Indonesia harus mencicipi kejambya penjajahan oleh beberapa negara asing. Diawali dari Portugis yang pertama kali datang ke Malaka pada 1509. dipimpin oleh Alfonso de Albuquerque Portugis dapat menguasai Malaka pada 10 Agustus 1511. Setelah mendapatkan Malaka, portugis mulai bergerak dari Madura sampai ke Ternate.

            Sejatinya Bangsa Indonesia meluncurkan berbagai perlawanan kepada Portugis. Salah satu perlawan yang terkenal ialah perlawan Fatahillah yang berasal dari Demak di Sunda Kelapa (Jakarta). kala itu  Fatahillah  dapat  menyapu   bangsa   Portugis  dan  merebut  kembali  Sunda Kelapa.   Kemudian oleh  Fatahillah  nama Sunda Kelapa diganti menjadi Jayakarta



 B.   Masa Bangsa Spanyol

Keberhasilan Portugis mendorong bangsa Eropa yang lain untuk ikut mencari untung. Kalau Portugis lebih memusatkan perhatian di Ternate, Spanyol lebih tertarik bersekutu dengan Tidore. Terjadilah persaingan antara Portugis dan Spanyol di kawasan Maluku.


Spanyol kemudian membangun benteng di Tidore. Pembangunan benteng ini semakin memperuncing persaingan persekutuan Portugis dan Ternate dengan Spanyol dan Tidore. Akhirnya pada tahun 1527 terjadilah pertempuran antara Ternate dengan bantuan Portugis melawan Tidore yang dibantu oleh Spanyol. Benteng yang dibangun Spanyol di Tidore dapat direbut oleh persekutuan Ternate dan Portugis.


 C.     Masa Pemerintahan penjajah Belanda

Masuknya belanda ke indonesia juga sebagai akhir dari masa penjajahan bangsa Portugis (Penjajahan Portugis Berakhir pada 1602). Cornelius de Houtman memimpin Belanda masuk ke Indonesia melalui Banten. Pada tahun 1602 Belanda mendirikan Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) di Banten karena ingin menguasai pasar rempah-rempah di Indonesia. kemudian lantaran pasar di Banten mendapat saingan dari pedagang inggris dan tionghoa maka kantor VOC pindah ke Sulawesi Selatan. Di Sulawesi Selatan, VOC mendapat perlawanan dari Sultan Hasanuddin.

Setelah berpindah-pindah tempat, akhirnya sampailah VOC di Yogyakarta. Di Yogyakarta, VOC menyepakati perjanjian Giyanti yang isinya ialah Belanda mengakui mangkubumi sebagai Sultan Hamengkubuwono 1. Perjanjian Giyanti juga membagi kerajaan Mataram menjadi Kasultanan Yogyakarta dan Kasunan Surakarta. kemudian pada tanggal 1 Januari 1800 VOC dibubarkan setelah Perancis mengalahkan Belanda. Penjajahan Belanda tidak berhenti Semenjak VOC dibubarkan. Belanda kemudian memilih Daendels sebagai gubernur jenderal hindia belanda. Saat masa Deandels, rakyat Indonesia dipaksa untuk membuat jalan raya dari Anyer hingga Panarukan. Namun masa pemerintahan Daendels berlangsung singkat yang kemudian diganti Johannes van den Bosch. Johannes Van den Bosch menerapkan cultuur stelsel (sistem tanam paksa). Dalam sistem tanam paksa, tiap desa wajib menyisihkan sebagian tanahnya untuk ditanami komoditi ekspor seperti tebu, kopi, nila dll. Hasil tanam paksa ini harus dijual kepada pemerintah kolonial dengan harga yang telah ditetapkan.


 D.  Masa Pemerintahan penjajah Jepang

Setelah 3,5 abad Belanda menjajah Indonesia, kemudian Jepang menggantikan Penjajahan Belanda di Indonesia. kala itu melalui perjanjian Kalijati pada tanggal 8 maret 1942 Belanda menyerah tanpa syarat kepada jepang. Masa pendudukan Jepang dimulai pada tahun 1942 dan berakhir pada 17 agustus 1945.


 Saat melakuakn penjajahan di NKRI Jepang membentuk beberapa organisasi. Organisasi yang dibentuk Jepang antara lain ialah Putera, Heiho (pasukan Indonesia buatan Jepang), PETA (Pembela Tanah Air), Jawa Hokokai (pengganti Putera).Pada awalnya, kedatangan pasukan Jepang disambut dengan ramah oleh bangsa Indonesia. Namun dalam kenyataannya, Jepang tidak jauh berbeda dengan Belanda.


      4.    Era Orde Baru

Setelah Presiden Soekarno lengser, digantikan oleh Soeharto yang sebelumnya dikabarkan ikut memberantas gerakan PKI. Presiden Soeharto resmi dilantik pada tahun 1968 dan terus berlanjut hingga tahun 1998.


Hingga terjadilah krisis moneter dimana inflasi meningkat drastis, jatuhnya nilai rupiah sehingga harga kebutuhan pokok semakin melonjak. Keadaan ini membuat semua orang marah termasuk kalangan mahasiswa, mereka melakukan demonstrasi besar-besaran sepanjang sejarah bangsa Indonesia hingga jatuh banyak korban jiwa. Namun, pada akhirnya ribuan mahasiswa ini berhasil menduduki gedung DPR/MPR dan akhirnya pada tanggal 21 Mei 1998, Soeharto resmi mengundurkan diri dari kursi Presiden.

    5.   Era Reformasi

 kursi Presiden ditempati oleh BJ. Habibie. Beliau mulai membentuk kabinet pemerintahan. Namun, pada masa pemerintahannya Provinsi Timor-Timor melepaskan diri dari Negara Indonesia. Kemudian pada 7 Jun 1999 diadakan pemilu secara serentak dan terpilihlah Abdurahman Wahid sebagai Presiden

selanjutnya. Pada tanggal 29 Januari 2001 gedung MPR kembali diserbu oleh para demonstran, mereka meminta agar Abdurahman Wahid turun dari jabatannya karena diduga terlibat korupsi. Dengan adanya tekanan dari MPR akhirnya Abdurahman Wahhid menyerahkan tugas sebagai presiden kepada wakilnya Megawati Soekarno Putri. Kemudian pada tahun 2004 diadakan pemilu terbesar di Indonesia dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terpilih menjadi Presiden.


Comments

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bleep tes dan Norma

TES BALKE (LARI 15 MENIT) DAN NORMA

Tes Lari 2,4 Km(COOPER TEST) dan Norma